EVALUASI EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERAL TERHADAP PEMBELIAN MATERIAL KONSTRUKSI PADA PT. LESTARI JAYA DAERAH SUMBA BARAT (NTT)

Ngaga, Felisitas Yos Sudarso (2019) EVALUASI EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERAL TERHADAP PEMBELIAN MATERIAL KONSTRUKSI PADA PT. LESTARI JAYA DAERAH SUMBA BARAT (NTT). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20609.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Menurut Mihaela and Iulian (2012:1), pengendalian internal merupakan segalah kebijakan yang disetujui dan prosedur digunakan oleh manajemen dalam rangka untuk mencapai efektivitas dan manajemen bisnis. Sistem pengendalian tersebut mencakup pengendlian internal dan prosedur internal. Pengendalian internal terhadap pembelian material konstruksi sangat penting guna mencegah penyalagunaan yang mngkin dilakukan oleh oknum karyawan. Selain itu pengendalian internal dilakukan untuk mengurangi resiko salah saji ketika mencatat transaksi yang telah terjadi (Boynton and Johnson, 2006:713). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengendalian internal terhadap pembelian material konstruksi, meliputi struktur organisasi, kompetensi karyawan, serta sistem otorisasi dan prosedur pencatatan transaksi pembelian. Periode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data periode 1 April 2017 – 30 November 2017. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan inspeksi dokumen. Pengujian yang dilakukan adalah uji komponen pengendalian internal dan uji kepatuhan pengendalian internal atas prosedur pembelian material konstruksi. Uji komponen pengendalian internal digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian internal terhadap prosedur pembelian material konstruksi telah memadai. Uji kepatuhan digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian internal perusahaan telah dipatuhi. Uji kepatuhan pengendalian dilaksanakan dengan pengujian pengendalian. Pengujian pengendalian dilaksanakan dengan menginspeksi dokumen yang berkaitan dengan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Inspeksi dokumen dilaksanakan dengan metode attribute sampling dan model fixed sample size attribute sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Desain atau rancangan pengendalian internal pembelian material konstruksi pada PT Lestari Jaya sudah memadai. Desain atau rancangan pengendalian internal telah sesuai dengan teori komponen Committee of Sponsoring Organization (COSO), 2) Uji kepatuhan dilakukan terhadap empat dokumen meliputi surat permintaan pembelian, purchase order (PO), laporan penerimaan material dan invoice dari pemasok. Dokumen-dokumen tersebut bersumber dari data arsip periode 1 April 2017 – 31 November 2017 dan diambil sebanyak enam puluh sampel dari masing-masing dokumen yang dibutuhkan.Uji kepatuhan ini memiliki hasil efektif, dilihat dari kelengkapan atribut setiap dokumen yang menghasilkan nilai AUPL ≤ DUPL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengendalian Internal, Pembelian Material Konstruksi, Uji Kepatuhan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jun 2019 04:48
Last Modified: 14 Jun 2019 04:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18967

Actions (login required)

View Item View Item