STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI (TNGM)

PUTRA, BRIAN ANDRIKA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI (TNGM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05360.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini, hal yang menjadi fokus pembahasan adalah mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pada Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Pemasaran yang dilakukan dalam hal ini adalah upaya untuk mempromosikan TNGM kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data wawancara dan dokumen. Peneliti kemudian akan melakukan analisis antara teori yang sudah ada dengan hasil temuan data yang diperoleh. Balai TNGM sebagai pihak yang berusaha untuk tetap menjaga dan melestarikan alam pada kawasan TNGM telah berupaya dengan menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Strategi yang telah dibuat kemudian dianalisis dengan analisis SOSTAC, model komunikasi Harold Lassweel, komunikasi lingkungan, dan komunikasi pemasaran. Setelah dianalisis, strategi yang dibuat diwujudkan dalam beberapa kegiatan. Melalui analisis tersebut, yang menjadi ciri dari strategi yang dibuat adalah wujud pelaksanaannya, yaitu dibuat suatu acara yang dapat menarik minat dari masyarakat. Selain itu, adanya tatap muka secara langsung dari petugas yang melaksanakan kegiatan dengan target sasaran juga menjadi sesuatu yang menarik. Pesan disampaikan oleh petugas dari Balai TNGM, sehingga tanggapan dapat diterima secara langsung dan bisa menjadi masukan untuk ke depannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, TNGM
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:25
Last Modified: 18 Jun 2019 02:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item