ANALISIS DAMPAK TARIKAN KENDARAAN SWALAYAN TERHADAP KONDISI LALU LINTAS JL.KALIURANG KM 6, D.I YOGYAKARTA (Studi Kasus Superindo dan Mirota Pasaraya)

SIAHAAN, GILBERT BINSAR PARDOMUAN (2019) ANALISIS DAMPAK TARIKAN KENDARAAN SWALAYAN TERHADAP KONDISI LALU LINTAS JL.KALIURANG KM 6, D.I YOGYAKARTA (Studi Kasus Superindo dan Mirota Pasaraya). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15708.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan Badan Pusat Statistika Provinsi D.I. Yogyakarta, jumlah penduduk DIY kian bertambah tiap tahunnya dan tercatat pada tahun 2016 jumlah penduduk DIY mencapai angka 3.720.912 jiwa. Bertambahnya jumlah penduduk mempengaruhi tingkat konsumsi per keluarga sehingga semakin banyaknya supermarket yang berdiri dan berlomba-lomba menawarkan harga yang terjangkau. Superindo dan Mirota Pasaraya merupakan contoh supermarket yang ikut dalam persaingan dagang masa kini. Kedua supermarket ini terletak di ruas Jalan Kaliurang KM 6. Ruas jalan tersebut adalah ruas jalan yang cukup padat dilewati masyarakat karena merupakan daerah industri. Dengan adanya Superindo dan Mirota pada ruas jalan tersebut menimbulkan dampak berupa penurunan tingkat pelayanan jalan serta meningkatkan kepadatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari tarikan kendaraan yang ditimbulkan oleh Superindo dan Mirota terhadap kondisi lalu lintas Jalan Kaliurang KM 6. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer berupa geometri jalan dan volume lalu lintas selama beberapa jam dalam beberapa hari selama Superindo dan Mirota Pasaraya beroperasi pada hari Rabu, Jumat dan Minggu serta data sekunder berupa LHR pada ruas jalan studi yang didapat dari Satuan Kerja Perencanaan dan Perancangan Jalan Nasional Provinsi D.I. Yogyakarta. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dampak dari tarikan kendaraannya serta menentukan tingkat pelayanan jalan pada tahun 2018 dan 10 tahun mendatang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tarikan kendaraan Superindo dan Mirota Pasaraya mempengaruhi tingkat pelayanan jalan kaliurang KM 6. Pengaruh yang ditimbulkan untuk saat ini tidak terlalu besar dimana tingkat pelayanan jalan karena adanya tarikan kendaraan Superindo dan Mirota Pasaraya pada waktu siang ada pada kelas B dan sore pada kelas C dan dengan adanya Superindo dan Mirota pada ruas jalan tersebut tidak berpengarih terhadap tingkat pelayanan jalan namun jika ditinjau lebih jauh pada 10 tahun mendatang yakni tahun 2028 tingkat pelayanan jalan akan menjadi kelas F dengan nilai VCR 1,3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tarikan kendaraan, kapasitas, volume lalu lintas, pertumbuhan lalu lintas.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:59
Last Modified: 19 Jun 2019 02:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19049

Actions (login required)

View Item View Item