ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JL. AFFANDI – DEPAN FOLK STORE GEJAYAN)

SIALLAGAN, FRANS REINALDO (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JL. AFFANDI – DEPAN FOLK STORE GEJAYAN). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15540.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada daerah istimewa Yogyakarta khususnya pada kabupaten sleman mengalami peningkatan kepadatan penduduk yang lumayan cepat. Dampak ini menyebabkan peningkatan penduduk yang menjadi sumber dari kemacetan. Kemacetan itu sendiri terjadi karna tidak seimbangnya kapasitas jalan terhadap banyaknya jumlah kendaraan yang ada. Pada jalan tersebut terdapat bukaan median yang merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempermudah pergerakan kendaraan yang memutar arah. Adanya kendaraan yang memutar arah menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan yang berlawanan arah, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kemacetan. Oleh sebab itu maka perlu diketahui pengaruh fasilitas memutar balik arah (U-Turn) terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian Tugas akhir ini dilakukan di Lokasi u-turn Jalan Affandi depan Folk store Gejayan,Caturtunggal Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Penelitian selama dua hari pada hari Selasa, 30 Oktober 2018 dan Sabtu, 3 November 2018. Dengan waktu penelitian ada 3 tahap pada jam 06.30 – 8.30, 12.00 – 14.00, dan 16.00 – 18.00. Dengan waktu selama 15 menit. Data yang diambil pada penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar Dari hasil analisis 2 kali penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah utara sebesar 1839,05 skr/jam dan ke arah selatan sebesar 1657,05 skr/jam, hambatan samping bagian barat dan timur masuk dalam kategori sangat tinggi, kecepatan tempuh ke arah utara sebesar 20,60 km/jam dan ke arah selatan 17,64 km/jam, kecepatan bebas (VB) untuk kedua arah sebesar 55 km/jam, kapasitas jalan (C) untuk kedua arah sebesar 2904 skr/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan sebelum u-turn ke arah utara sebesar 0,63 (C) dan ke arah selatan sebesar 0,57 (C), arus memutar hari pertama sebesar 110,5 skr/jam untuk hari kedua sebesar 95,75 hari kedua, waktu tundaan selama 0,63 detik untuk hari pertama dan 0,71 detik untuk hari kedua, dan waktu memutar selama 16,1 detik untuk hari pertama dan 13,96 detik untuk hari kedua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas u-turn tidak mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke utara dari 1839,05 skr/jam menjadi 1811 skr/jam dan arah ke selatan dari 1657,05 skr/jam menjadi 1755 skr/jam, perubahan derajat kejenuhan ke arah utara dari 0,63 menjadi 0,62 dan arah ke selatan dari 0,57 menjadi 0,60.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: u-turn, kinerja ruas jalan dan persimpangan, pengaruh perubahan derajat kejenuhan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:12
Last Modified: 19 Jun 2019 03:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

View Item View Item