PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA TAHUN 2013-2016

Bati, Aleksia Febriani Deno (2019) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA TAHUN 2013-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20698.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan intellectual capital. Corporate governance diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, dan frekuensi rapat komite audit. Intellectual capital diukur menggunakan metode content analysis terhadap 25 item pengungkapan intellectual capital. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah annual report perusahaan sektor perbankan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dan yang memenuhi kriteria sebanyak 43 perusahaan. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen dan ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap pengungkapan intellectual capital, sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan direksi, dan rapat komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan intellectual capital, corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan direksi, komisaris independen, komite audit.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:58
Last Modified: 19 Jun 2019 03:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item View Item