PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PADA KARYAWAN DI PT HARTONO ISTANA TEKNOLOGI KABUPATEN KUDUS

Adhi, Yhosafat Bagus Kartika (2019) PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PADA KARYAWAN DI PT HARTONO ISTANA TEKNOLOGI KABUPATEN KUDUS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04842.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan hal yang penting dalam menentukan kesuksesan dari organisasi itu sendiri. Karyawan sebagai salah satu publik internal dalam perusahaan atau organisasi merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi untuk merealisasikan nilai-nilai organisasi dan menciptakan budaya organisasi. Nilai organisasi disampaikan kepada karyawan melalui komunikasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai dan budaya organisasi pada karyawan di PT Hartono Istana Teknologi Kudus. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data promer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam (in-depth interview). Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari data-data dokumentasi atau data-data yang ada di perusahaan. Baik berupa dokumen tertulis ataupun foto. Hasil dari penelitian melalui wawancara dengan 3 narasumber, didapatkan bahwa nilai organisasi merupakan pedoman bagi karyawan dalam menentukan perilaku yang sesuai dengan organisasinya serta menjadikan dasar dalam menciptakan budaya perusahaan di PT Hartono Istana Teknologi Kudus. Nilai yang dimiliki adalah nilai 7AT KIAT KITA yang berfungsi juga sebagai misi perusahaan. Proses sosialisasi budaya organisasi berlangsung pada dau program yang dimiliki oleh PT Hartono Istana Teknologi Kudus yaitu program HC3 (Hartono Creativity and Commitment Center) dan melalui program TUNAS 7AT. Kesimpulan yang didapatkan, proses sosialisasi udaya organisasi terbentuk melalui komunikasi interpersonal antar karyawan sebagai budaya organisasi, ditindaklanjuti dengan proses sosialisasi budaya organisasi yang dilakukan oleh perusahaan melalui program-program spesifik yang dapa membantu karyawan dalam mengerti budaya organisasinya sehingga nilai dan budaya organisasi dapat direalisasikan dan diimplementasikan dengan baik oleh setiap karyawan yang ada di perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: organisasi, nilai organisasi, budaya organisasi, sosialisasi.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:41
Last Modified: 21 Jun 2019 01:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item View Item