KEMAMPUAN TINGKAT LITERASI MEDIA MAHASISWA (Studi tentang Literasi Media pada Pengguna Internet Berbasis Individual Competence Framework di Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Fabriningrum, Ferina Anistya (2019) KEMAMPUAN TINGKAT LITERASI MEDIA MAHASISWA (Studi tentang Literasi Media pada Pengguna Internet Berbasis Individual Competence Framework di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
SOS04841.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tingka literasi media pada pengguna internet, khususnya pada mahasiswa. Pertama, bagaimana kemampuan khalayak media menggunakan media internet. Kemudian, khalayak media memiliki etiket dalam penggunaa media secala dalam jaringan (daring). Selanjutnya, penelitian ini juga melihat bagaimana khalayak media membangun relasi secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang aktif dalam penggunaan internet. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu, data primer (kuesioner) dan data sekunder (studi pustaka). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis frekuensi dan crosstab, yang dionalh mengunakan aplikasi SPSS 16.0. Penyajian data pada hasil penelitian ini akan disajikan dalam bentuk visual diagram pastel (pie chart), diagram batang, dan tabel-tabel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa tingkat literasi media mahasiswa/I Universitas Atma Jaya Yogyakarta program S-1 berada di tingkat basic. Berdasarkan hasil kompilasi pada penghitungan indicator kemampuan teknis, pemahaman kritis, dan kemampuan komunikatif mahasiswa/I Universitas Atma Jaya Yogyakarta didapatkan hasil <70. Tingkat literasi basic berarti individu memiliki seperangkat kemampuan yang memungkinkan penggunaan dasar media. Pengguna mengetahui fungsi media dasar, dan menggunakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Tetapi kapasitas pengguna untuk menganalisa secara kritis informasi yang diterima terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media, Etiket, Internet
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:14
Last Modified: 21 Jun 2019 02:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item View Item