ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Pratama, Andhika (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Andhika Pratama)
EA20629.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Auditor Switching adalah perputaran auditor yang harus dilakukan oleh perusahaan, dengan tujuan untuk menghasilkan kualitas dan menegakkan independensi auditor. Di Indonesia, rotasi audit diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 17/PMK.01/2008 pasal 3. Karena adanya kewajiban untuk melakukan rotasi auditor, sehingga timbul perilaku perusahaan untuk melakukan auditor switching. Namun pada tahun 2015, pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang mengatur pergantian auditor yaitu PP No. 20/2015 tentng Praktik Akuntan Publik. Dalam PP No. 20/2015 pasal 11 ayat (1) dijelaskan bahwa KAP tidak lagi dibatasi dalam melakukan audit atas suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengalanisis, menguji dan memperoleh bukti empiris apakah financial distress, afiliasi KAP, ukuran perusahaan dan pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching pada perusahaan manufaktur di BEI. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiliasi KAP berpengaruh terhadap auditor switching sedangkan financial distress, ukuran perusahaan dan pergantian manajemen tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Afiliasi KAP, Ukuran Perusahaan, Financial Distress, Pergantian Manajemen, Auditor Switching
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:46
Last Modified: 21 Jun 2019 02:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item