PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, DAN STRATEGI KOMPETITIF TERHADAP TINGKAT KECANGGIHAN PRAKTIK AKUNTANSI MANAJEMEN PADA HOTEL BERBINTANG DI YOGYAKARTA

Br Ginting, Yohanna (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, DAN STRATEGI KOMPETITIF TERHADAP TINGKAT KECANGGIHAN PRAKTIK AKUNTANSI MANAJEMEN PADA HOTEL BERBINTANG DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yohanna Br Ginting)
EA21031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, ketidakpastian lingkungan, dan strategi kompetitif terhadap tingkat kecanggihan praktik akuntansi manajemen pada hotel berbintang di Yogyakarta. Akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang berfokus dalam menyediakan informasi bagi internal perusahaan. Praktik akuntansi manajemen digunakan sebagai sarana informasi bagi internal perusahaan dalam memenuhi kebutuhan manajemen agar dapat bertahan dalam kondisi bisnis yang semakin kompetitif. Lingkungan bisnis yang terus mengalami perkembangan dan semakin kompetitif menyebabkan akuntansi manajemen harus disesuaikan dengan lingkungan bisnis yang dihadapi. Pemilihan penggunaan praktik akuntansi manajemen tidak terikat dan bergantung pada prinsip-prinsip akuntansi secara umum. Penggunaan praktik akuntansi manajemen tersebut tergantung pada keadaan/kondisi, dan karakteristik perusahaan. Tingkat kecanggihan praktik akuntansi manajemen yang digunakan adalah berdasarkan IFAC. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada hotelhotel berbintang di Yogyakarta dengan jumlah sampel 54 hotel. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ukuran perusahaan, ketidakpastian lingkungan, dan strategi kompetitif berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat kecanggihan praktik akuntansi manajemen pada hotel berbintang di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Ketidakpastian Lingkungan, Strategi Kompetitif, Tingkat Kecanggihan Praktik Akuntansi Manajemen, IFAC.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:14
Last Modified: 21 Jun 2019 03:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item