ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JALAN RAYA SOLO – YOGYAKARTA KM. 10 – DEPAN PINTU GERBANG TNI AU)

Sonata, . (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN JALAN RAYA SOLO – YOGYAKARTA KM. 10 – DEPAN PINTU GERBANG TNI AU). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas Uturn tehdap kinerja ruas jalan. Penelitian ini dilakukan di U-turn Jalan Raya Solo – Yogyakarta depan Pintu Gerbang TNI AU, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua hari yaitu pada hari Rabu, 27 Febuari 2019 dan Sabtu, 2 Maret 2019. Dengan waktu penelitian selama 6 jam dalam sehari yang terbagi pada jam sibuk ,pada jam 06.30 – 8.30, 12.00 – 14.00, dan 16.00 – 18.00. Dengan periode waktu selama 15 menit selama 2 jam. Data yang diambil dalam penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan Uturn, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Berdasarkan hasil dari pengamatan,pengambilan data dan juga analisis data diperoleh bahwa ada faktor-faktor dan dampak dari fasilitas U-turn tersebut terhadap kinerja ruas jalan yaitu arus lalu lintas sebelum U-turn arah Timur ke Barat sebesar 2113,05 skr/jam dan arah Barat ke Timur sebesar 2202,05 skr/jam, hambatan samping bagian Utara dan Barat masuk dalam kategori sangat rendah, kecepatan tempuh arah Timur ke Barat sebesar 40,74 km/jam dan arah Barat ke Timur 37,86 km/jam, kecepatan bebas (VB) untuk kedua arah sebesar 55 km/jam, kapasitas jalan (C) untuk kedua arah sebesar 3201 skr/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan sebelum U-turn arah Timur ke Barat sebesar 0,66 (C) dan arah Barat ke Timur sebesar 0,69 (C), arus memutar hari pertama arah Timur ke Barat sebesar 183,2 skr/jam untuk arah Barat ke Timur sebesar 140,2 skr/jam hari kedua arah Timur ke Barat sebesar 161,7 skr/jam untuk arah Barat ke Timur sebesar 200,4 skr/jam , rata – rata panjang antrian hari pertama arah Timur ke Barat 5,76 m untuk arah Barat ke Timur 7,89 m dan untuk hari ke dua arah Timur ke Barat 7,29 m untuk arah Barat ke Timur 8,67 m, sedangkan untuk waktu tundaan karena tidak di temukan pada saat pengambilan data hari perata dan hari kedua di lokasi maka waktu tundaan adalah 0, waktu memutar untuk hari pertama arah Timur ke Barat selama 7,75 detik untuk arah Barat ke Timur selama 6,38 detik, hari kedua arah Timur ke Barat selama 9,03 detik dan arah Barat ke Timur selama 7,17 detik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas U-turn berdampak pada kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah U-turn untuk arah ke Timur ke Barat dari 2113,05 skr/jam menjadi 2130,3 skr/jam dan arah Barat ke Timur dari 2202,05 skr/jam menjadi 2292,8 skr/jam, perubahan derajat kejenuhan ke arah Timur ke Barat dari 0,66 menjadi 0,67 dan arah ke Barat ke Timur dari 0,69 menjadi 0,671.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja ruas jalan, U-turn ,Pengaruh
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2019 05:58
Last Modified: 25 Jun 2019 05:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item