PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP DIVIDEN ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Kumalasari, Leni (2019) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP DIVIDEN ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Leni Kumalasari)
EA20913.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembagian dividen merupakan permasalahan yang rumit dalam perusahaan dikarenakan terjadinya perbedaan kepentingan antara pemegang saham dan manajemen perusahaan yang sering disebut dengan masalah keagenan. Pemegang saham menginginkan agar dividen dibayarkan sebesar-besarnya sedangkan pihak manajemen perusahaan menginginkan laba perusahaan ditahan guna melakukan investasi kembali. Untuk mengatasi konflik kepentingan antara pemegang saham pengendali dan pemegang saham nonpengendali, maka dibutuhkan tata kelola perusahaan yang baik, untuk mengawasi manajemen dan melindungi hak pemegang saham nonpengendali. Dalam penelitian ini, dividen diukur dengan dividend payout ratio. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Good Corporate Governance terhadap dividen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Penelitian ini menggunakan tiga variabel kontrol yaitu Size, Debt to Equity Ratio, dan Return on Assets. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan, dan website IDX.. Alat analisis yang digunakan adalah koefisien determinasi(R2) dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian yang dilakukan diketahui bahwa Good Corporate Governance tidak berpengaruh positif terhadap dividen. Tiga variabel kontrol dalam penelitian ini yaitu Size dan Return on Asset berpengaruh terhadap dividen, sedangkan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Size, Debt to Equity Ratio, Return on Assets, Dividend Payout Ratio
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Jul 2019 05:42
Last Modified: 10 Jul 2019 05:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19338

Actions (login required)

View Item View Item