BANDUNG TEXTILE TRADE CENTER SEBAGAI PUSAT JASA PERDAGANGAN DAN BISNIS INDUSTRI TEKSTIL

Silalahi, Dame Margaretha (1997) BANDUNG TEXTILE TRADE CENTER SEBAGAI PUSAT JASA PERDAGANGAN DAN BISNIS INDUSTRI TEKSTIL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
5807 TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Era Industrialisasi merupakan tujuan dari PJPT tahap II, oleh karena itu untuk menuju arah tersebut diperlukan kesiapan fisik maupun non fisik, dari kalangan industriawan maupun masyarakat luas. Pesatnya perkembangan industri sangat ditunjang oleh pemenuhan akan informasi industri yang merangsang percepatan proses industrialisasi menuju struktur perekonomian yang lebih mantap. Untuk mempercepat arus informasi industri dibutuhkan fasilitas yang dapat menyediakan fasilitas yang dapat menyediakan informasi yang tepat dan benar baik untuk kalangan masyarakat industri maupun masyarakat umum. Setiap produksi industri yang muncul memiliki spesifikasi dan fungsi tersendiri, untuk memperkenalkan daya guna spesifik yang dikandung masing-masing produk dibutuhkan fasilitas bagi kegiatan promosi yang tentunya akan meningkatkan volume penjualan dari produksi industri itu sendiri. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, informasi industri dan promosi produk industri merupakan perangkat lunak yang menjadi kekuatan dan ujung tombak pengembangan industri. Oleh karena itu pesatnya perkembangan industri perlu diimbangi dengan pengadaan fasilitas informasi dan promosi industri yang representatif. Bandung mempunyai potensi untuk memiliki sebuah fasilitas informasi dan promosi industri dibidang industri tekstil. Disamping kedudukannya sebagai ibukota propinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu daerah pusat industri tekstil. Bandung memiliki potensi dengan jumlah penduduk dan tenaga kerja yang tinggi, jalur-jalur transportasi serta berbagai kemudahan yang ada. Kedudukan fasilitas informasi dan promosi industri tekstil dalam kawasan ternyata dipengaruhi beberapa aspek yang akhirnya ikut menentukan bentuk, fungsi dan tingkat pelayanannya. Untuk menentukan fungsi-fungsi yang diwadahi sebuah fasilitas informasi dan promosi industri, pertama kali harus difahami adanya kegiatan perdagangan dan industri beserta hubungan-hubungan dan kontak bisnis yang terjadi didalamnya. Berdasarkan analisa hal-hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa promosi dan informasi merupakan dua hal pokok yang mendasari terjadinya kegiatan perdagangan prosuk industri pada fasilitas industri dan promosi tekstil. Oleh karena itu salah satu fungsi tersebut dipilih sebagai tinjauan khusus untuk menguatkan dan pentingnya sebuah fasilitas informasi dan promosi industri tekstil di Bandung harus ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2019 05:30
Last Modified: 12 Jul 2019 05:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item