NUGROHO, LESTARI (1997) SEKOLAH TEKNOLOGI MENENGAH DI KABUPATEN BREBES. S1 thesis, UAJY.
Text
5363 TA.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Sekolah Teknologi Menengah di Kabupaten Brebes berfungsi sebagai wadah yang menjadi pusat kegiatan pendidikan kejurusan yang bertujuan untuk mendidik siswa menjadi tenaga teknisi yang terampil dan siap pakai untuk masuk didalam sektor industri sesuai dengan keahliannya masing-masing. Pembangunan Sekolah Teknologi Menengah di Kabupaten Brebes dilakukan dengan memperhatikan tuntutan wadah bagi masing-masing kegiatan, baik kegiatan praktek maupun kegiatan teori, dimana masing-masing kegiatan mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Maka dari itu dituntut adanya tata letak ruang yang berdekatan dan ruang yang terpisah dalam kelompok-kelompok ruang dengan tampilan yang berbeda namun secara keseluruhan menyatu didalam tata rupa. Perwujudan tata letak ruang terpisah dilakukan dengan cara penzoningan ruang yaitu dengan meletakkan ruang berdasarkan tingkat kebisingan yang rendah sampai tingkat kebisingan yang paling tinggi. Disamping itu digunakan juga elemen peredam suara seperti bahan akustik didalam ruang maupun penggunaan barier sebagai elemen peredam suara diluar gedung yang berfungsi meredam suara yang masuk maupun keluar dari suatu ruangan yang mempunyai kebisingan yang mengganggu ruang disekitarnya. Wujud tampilan yang berbeda namun menyatu dalam tata rupa dilakukan dengan pemakaian unsur suprasegmen dan komponen bahan bangunan yang berbeda sifat dan karakternya namun dari segi bentuk maupun warna mempunyai tampilan yang sama atau serupa sehingga terwujud tata rupa yang menyatu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 05:15 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 05:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19411 |
Actions (login required)
View Item |