FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN SHARE REPURCHASE (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2013 – 2017)

Ferrera, Anastasia Wayne (2019) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN SHARE REPURCHASE (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2013 – 2017). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EA218460.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA218461.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA218462.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA218463.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
EA218464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA218465.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Share repurchase merupakan alternatif pembayaran bagian laba kepada pemegang saham selain dividen. Share repurchaseadalahkegiatanmembelikembalisaham yang beredar oleh perusahaan. Beberapa penelitian terkaitfaktor – faktor yang mempengaruhi share repurchase menyimpulkan hasil yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenaipengaruh lima faktor yang mendorongperusahaanmelakukanshare repurchase, antara lain dividen, leverage, kelebihan kas, kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah dividend payout ratio, debt-to-equity ratio, free cash flow ratio, laba per saham dan price-to-book value ratio. Variabel dependen yang digunakan adalah rasio volume share repurchase terhadap harga pasar saham yang beredar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2013- 2017 yang diperoleh dengan purposive sampling. Pengujian dilakukan dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dividen, leverage, kelebihan kas, dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan share repurchase. Hal ini mengimplikasikan bahwa pembagian dividen, rendahnya leverage perusahaan, kelebihan kas yang dimiliki perusahaan, dan rendahnya nilai perusahaan bukan menjadi alasan melakukan share repurchase. Sedangkan kinerja perusahaan berpengaruh positif terhadap share repurchase. Hal ini mengimplikasikan jika perusahaan ingin memberikan sinyal adanya peningkatan kinerja di masa depan, maka perusahaan akan meningkatkan share repurchase.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: share repurchase, dividen, leverage, kelebihan kas, kinerja dan nilai perusahaan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:22
Last Modified: 22 Jul 2019 02:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item View Item