KONSEKUENSI BENTUK USAHA LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH

Christiani, Theresia Anita and Kastowo, C KONSEKUENSI BENTUK USAHA LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH. UAJY.

[img] Text
MIH_Theresia Anita Christiani_KONSEKUENSI BENTUK USAHA LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat banyak sekali lembaga keuangan yang secara normatif tidak menjadi ranah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, tetapi secara faktual dipercaya oleh masyarakat banyak Lembaga keuangan tersebut melakukan penghimpuanan dana masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat dengan mekanisme administarsi yang mudah dan tidak berbelit belit. Kegiatan lembaga keuangan tersebut secara faktual banyak merugikan masyarakat. Permasalahan hukum dlam penelitian ini yaitu, Bagaimanakah bentuk pelindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat terhadap dana yang dipercayakan kepada lembaga keuangan yang menjadi dan yang idak menjadi ranah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan ?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat terhadap dana yang dipercayakan kepada lembaga keuangan yang menjadi ranah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan yaitu, pelindungan hukum yang preventif dan represif. Bentuk pelindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat terhadap dana yang dipercayakan kepada lembaga keuangan yang tidak menjadi ranah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan adalah mekanisme upaya perlindungan hukum upaya tuntutan perdata dan pidana umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif. Teknil analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan penerikan kesimpulan menggunakan teknik penarikan kesimpulan deduktif.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Keuangan, perlindungan, hukum
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:33
Last Modified: 23 Jul 2019 02:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19518

Actions (login required)

View Item View Item