PERANCANGAN WISMA LANSIA SEBAGAI SARANA HUNIAN DAN PENGOBATAN BAGI LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI CENGKARENG, JAKARTA BARAT

Tantri, Veronica Inge Wayan (2002) PERANCANGAN WISMA LANSIA SEBAGAI SARANA HUNIAN DAN PENGOBATAN BAGI LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI CENGKARENG, JAKARTA BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA08834.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Cengkareng merupakan salah satu kota Kecamatan di Kota Madya Jakarta Barat yang Padat Penduduknya. Kepadatan jumlah penduduk ini disebabkan adanya sentralisasi industri di Cengkareng dan sekitarnya. Sentralisasi dan perubahan pola hidup masyarakat menyebabkan muncul berbagai macam penyakit, salah satu di antaranya hipertensi. Hipertensi biasanya menyerang usia lanjut, sebab usia lanjut sangat rentan terhadap penyakit. Lansia banyak yang memilih tinggal di Wisma Lansia untuk menghabiskan masa tuanya, karena itu keberadaan Wisma Lansia bagi penderita hipertensi sangat diperlukan mengingat semakin meningkatnya jumlah lansia yang mengalami gangguan penyakit akibat hipertensi. Wisma Lansia bagi penderita hipertensi ini merupakan sarana: -Hunian bagi lansia penderita hipertensi yang ingin tinggal dalam wisma dengan nyaman (gangguan suara yang ada kecil) dan adanya kesempatan untuk bersosialisasi dengan penghuni lain. -Pengobatan bagi lansia pendertia hipertensi baik penghuni maupun masyarakat umum. Lansia penderita hipertensi sangat mudah kambuh, khususnya jantung hipertensi, stroke hipertensi dan ginjal hipertensi. Lansia penderita hipertensi membutuhkan kontrol kesehatan secara berkala dan kontrol dalam mengantisipasi serangan mendadak. Pengobatan yang teratur dapat membantu lansia mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik. Wisma lansia ini merupakan sarana untuk memfasilitasi penderita hipertensi dengan cara: -Pengaturan ruang-ruang yang disesuaikan dengan tingkat keseriusan penyakit terhadap kondisi tapak. -Pengaturan ruang-ruang yang memudahkan kontrol dalam mengantisipasi serangan mendadak -Pemisahan fungsi ruang dengan cara pemisahan bangunan (pembagian fungsi bangunan utama dan unit hunian)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:40
Last Modified: 30 Jul 2019 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19621

Actions (login required)

View Item View Item