PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPATUHAN PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN TAHUNAN

Iskandar, Daniel Evan (2019) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPATUHAN PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN TAHUNAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Daniel Evan Iskandar)
EA20896.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap kepatuhan pengungkapan wajib pada perusahaan perbankan umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2017. Komponen good corporate governance pada penelitian ini adalah jumlah dewan komisaris, jumlah anggota komite audit, proporsi wanita di dewan komisaris, dan latar belakang pendidikan dewan komisaris utama. Penelitian ini didukung oleh penelitian terdahulu yaitu, Alfraih M. M. (2016), Prawinandi W. D. S. (2012), Pitasari dan Septiani (2014), dan Gunawan dan Hendrawati (2016). Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan perbankan umum yang terdaftar di BEI tahun 2016-2017. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 53 data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil statistik, diperoleh hasil bahwa jumlah dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kepatuhan pengungkapan wajib, jumlah anggota komite audit berpengaruh positif terhadap kepatuhan pengungkapan wajib, proporsi wanita di dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pengungkapan wajib, dan latar belakang pendidikan dewan komisaris utama tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pengungkapan wajib pada perusahaan perbankan umum yang terdaftar di BEI tahun 2016-2017.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance, kepatuhan pengungkapan wajib, jumlah dewan komisaris, jumlah anggota komite audit, proporsi wanita di dewan komisaris, latar belakang pendidikan dewan komisaris utama, perusahaan perbankan umum yang terdaftar di BEI tahun 2016-2017
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:55
Last Modified: 14 Aug 2019 04:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item