PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE TERHADAP RELEVANSI NILAI LAPORAN KEUANGAN

PAHALA, PATRICK (2019) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE TERHADAP RELEVANSI NILAI LAPORAN KEUANGAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
EA217850.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA217851.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
EA217852.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
EA217853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB IV)
EA217854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA217855.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh intellectual capital disclosure terhadap relevansi nilai laporan keuangan di Indonesia. Relevansi nilai laporan keuangan merupakan seberapa besar informasi dalam laporan keuangan dapat menunjukkan nilai perusahaan yang digambarkan dengan harga saham. Informasi laporan keuangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah earning per share dan book value per share. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor keuangan berjumlah 210 sampel dari 58 perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear berganda untuk menguji relevansi nilai laporan keuangan dan uji nilai selisih mutlak untuk menguji pengaruh intellectual capital disclosure terhadap relevansi nilai laporan keuangan. Uji regresi linear berganda dan uji nilai selisih mutlak dilakukan dengan program SPSS Statistics Ver.17 for Windows. Keputusan pengambilan keputusan hipotesis dilakukan dengan membandingkan adjusted R square dari kedua uji tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital disclosure meningkatkan relevansi nilai laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital Disclosure, Relevansi Nilai Laporan Keuangan, Earning per Share, Book Value per Share, dan Harga Saham.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Aug 2019 05:31
Last Modified: 16 Aug 2019 05:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19670

Actions (login required)

View Item View Item