SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER DAN HARGA JUAL PUPUK NPK 13.8.27 DI CV DOHAR AGRO MANDIRI

SILALAHI, SELLA FRISCILLA (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER DAN HARGA JUAL PUPUK NPK 13.8.27 DI CV DOHAR AGRO MANDIRI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SELLA FRISCILLA SILALAHI)
TI08559.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

CV. Dohar Agro Mandiri yang merupakan salah satu distributor pupuk resmi yang berada di Kota Bengkulu. Perusahaan tersebut menyalurkan beberapa jenis pupuk yang berasal dari supplier yang berbeda-beda. Pupuk NPK 13.8.27 adalah jenis pupuk nonsubsidi yang jumlah pembeliannya paling banyak dibandingkan dengan pupuk nonsubsidi lain. Pupuk tersebut diperoleh perusahaan dari suppliernya PT. Permata Agro Persada. Supplier tersebut memiliki gudang diberbagai daerah di Indonesia. Distributor CV. Dohar Agro Mandiri dapat membeli pupuk dari tiga lokasi, yaitu dari Palembang, Padang dan Lampung. Harga beli pupuk NPK 13.8.7 dari supplier yang selalu berubah-ubah setiap waktu akibat pengaruh nilai dollar membuat pemilik terkadang sulit untuk menentukan lokasi supplier pupuk yang harus dipilih. Dikarenakan harga jual dipengaruhi oleh harga beli perusahaan dari supplier, maka pemilik harus bisa mengambil keputusan yang tepat saat ingin menentukan dari mana stok akan dibeli jika kondisi (misal harga) masing-masing supplier pada saat itu berbeda-beda. Pemilik perusahaan juga harus bisa menentukan harga jual yang menguntungkan bagi perusahaan dan dapat diterima pelanggan ketika terjadi proses tawar-menawar. Penelitian dilakukan untuk merancang sistem pendukung keputusan yang nantinya akan digunakan oleh pemilik perusahaan. Pembuatan sistem informasi dilakukan dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk merancang sistem informasi yang akan dibuat, Microsoft Excel 2016 sebagai database dan Visual Basic for Application (VBA) sebagai bahasa pemrograman dan tampilan antarmuka dengan pengguna serta TOPSIS sebagai metode pendukung keputusan pemilihan lokasi supplier. Hasil dari penelitian tersebut berupa sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan pemilik perusahaan untuk membantu pengambilan keputusan saat menentukan lokasi supplier yang akan dipilih dan membantu agar mempermudah perhitungan untuk menentukan harga jual saat terjadinya proses tawar-menawar Pupuk NPK. 13.8.27 dengan memanfaatkan menu penentuan supplier dan menu penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem pendukung keputusan, SDLC, TOPSIS, Microsoft Excel, Visual Basic for Application (VBA), harga jual dan keputusan supplier.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 29 Aug 2019 02:46
Last Modified: 29 Aug 2019 02:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item