PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, POTENSI KEBANGKRUTAN DAN PERGANTIAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT TENURE(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2018)

Lanza, Christopher (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, POTENSI KEBANGKRUTAN DAN PERGANTIAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT TENURE(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2018). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EA_021455.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2015 dikeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 yang menyebutkan bahwa tidak ada aturan mengenai pembatasan pemberian jasa audit atas laporan keuangan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik. Ketika seorang auditor terlibat hubungan yang lama dengan suatu klien karena panjangnya masa perikatan dapat menimbulkan dampak positif yaitu kemampuan auditor dalam memahami bisnis dari klien tersebut, mengetahui informasi klien di masa lalu dan tidak menimbulkan biaya start-up kembali. Dampak negatif adanya jangka waktu perikatan yang panjang dapat menyebabkan auditor menjalin hubungan persahabatan yang berlebihan. Hubungan ini dapat menjadi salah satu faktor yang mengancam penurunan kualitas auditor saat mengevaluasi bukti audit (Lesman dan Kurnia, 2016). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, potensi kebangkrutan dan pergantian komite audit terhadap audit tenure. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2018. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap audit tenure, potensi kebangkrutan tidak berpengaruh terhadap audit tenure dan pergantian komite audit berpengaruh negatif terhadap audit tenure.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan, Potensi kebangkrutan, Pergantian komite audit, Audit tenure
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 30 Aug 2019 08:01
Last Modified: 30 Aug 2019 08:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item