IDENTIFIKASI PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PROYEK KONSTRUKSI DI JAKARTA DENGAN CONTENT ANALYSIS

Hakim, Yohanes Darsela (2019) IDENTIFIKASI PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PROYEK KONSTRUKSI DI JAKARTA DENGAN CONTENT ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text
TS_145350.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap tahun, ribuan kecelakaan terjadi di tempat kerja khususnya pada proyek konstruksi. Hasil analisa statistik dari beberapa negara menunjukkan tingkat kecelakaan fatal pada proyek konstruksi adalah lebih tinggidibanding rata-rata untuk semua industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja sumber penyebab dan faktordari kecelakaan kerja.Untuksumberpenyebab dan faktor dari kecelakaan kerja digunakan metode Content Analysis. Proyekyang menjadi tempat penelitian adalah wilayah Jakarta. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai identifikasi penyebab kecelakaan kerja konstruksi maka dapat disimpulkan sebagai berikut:Dalam penelitian ini telah terkumpul 213 kasus kecelakaan kerja konstruksidari artikel berita kompas.com dan detiknews.com dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Dari analisa menggunakan content analysis diklasifikasikan delapan tipe penyebab kecelakaan kerja yang mana penyebab paling tinggi adalah tidak hati-hati dengan jumlah kasus sebanyak 78 kecelakaan. kemudian dari hasil analisa menggunakan content analysis dikelompokan empat faktor penyebab kecelakaan kerja yang mana faktor paling tinggi adalah faktor manusia dengan jumlah 68 kasus kecelakaan .kita dapat melihat bahwa penyebab tidak hati-hati dan faktor manusia saling berhubungan maka kita dapat menyimpulkan bahwa kecelakan kerja konstruksi yang sering terjadi adalah akibat faktor manusia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sumber penyebab kecelakaan,faktor penyebab kecelakaan, daerah Jakarta , sumber berita Kompas, sumber berita Detiknews.
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 30 Aug 2019 10:31
Last Modified: 30 Aug 2019 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item View Item