PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH, KOMPLEKSITAS, DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2014-2016

Sentosa, Inka Margareth (2019) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH, KOMPLEKSITAS, DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2014-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Inka Margareth Sentosa)
EA21086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Khasanah dan Rahardjo (2014) dengan objek yang berbeda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Sedangkan variabel independennya adalah pendapatan asli daerah, tingkat ketergantungan, total aset, umur pemerintah daerah, jumlah organisasi perangkat daerah, jumlah legislatif, dan temuan audit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data arsip sekunder yang diambil dari situs resmi https://info-anggaran.com dan dari bagian keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Kalimantan Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Barat yang mengeluarkan LKPD pada tahun anggaran 2014-2016. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 45 LKPD yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan model regresi berganda untuk melakukan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 19.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan, total aset, umur pemerintah daerah, dan temuan audit berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan LKPD. Sedangkan pendapatan asli daerah, jumlah organisasi perangkat daerah, dan jumlah legislatif tidak berpengaruh terhadap LKPD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Tingkat Ketergantungan, Total Aset, Umur Pemerintah Daerah, Jumlah Organisasi Perangkat Daerah, Jumlah Legislatif, Temuan Audit, Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:47
Last Modified: 02 Sep 2019 04:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19836

Actions (login required)

View Item View Item