PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN

Pata’dungan, Nella Ekawati (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Nella Ekawati Pata’dungan)
EA22158.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, dan ukuran perusahaan terhadap opini going concern pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu laporan tahunan yang telah diaudit tahun 2013-2017. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah opini going concern yang diukur menggunakan pengukuran dummy.Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan ROA, pertumbuhan perusahaan diukur dengan pertumbuhan penjualan, opini audit tahun sebelumnya diukur dengan dummy, dan ukuran perusahaan diukur dengan total aset perusahaan. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) versi 21. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistic (logistic regression) yang memberikan kesimpulan bahwa profitabilitas dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap opini going concern sedangkan pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh. Terdapat implikasi dalam penelitian ini yang dapat memberikan refrensi terhadap manajemen perushaan dalam mengelolah perusahaan dan refrensi untuk pengguna laporan keuangan untuk lebih memperhatikkan kondisi laporan keuangan setiap perusahaan sebelum mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Ukuran Perusahaan, Opini Going Concern.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:01
Last Modified: 02 Sep 2019 05:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19839

Actions (login required)

View Item View Item