SMA INKLUSI DI KABUPATEN SLEMAN YANG DIDASARKAN PADA KARAKTERISTIK DAN PERILAKU SISWA

MICHELLE, BRIGITTA (2019) SMA INKLUSI DI KABUPATEN SLEMAN YANG DIDASARKAN PADA KARAKTERISTIK DAN PERILAKU SISWA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BRIGITTA MICHELLE)
TA16097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana menciptakan generasi penerus bangsa yang cemerlang. Dalam praktiknya, penyandang disabilitas belum mendapatkan pendidikan yang maksimal seperti siswa lainnya apalagi di tingkat menuju perguruan tinggi, dalam hal ini, Sekolah Menengah Atas (SMA). Apalagi dari persepsi negatif masyarakat mengenai penyandang disabilitas tidak bisa berintegrasi dalam masyarakat. Maka sekolah yang menjangkau siswa dari berbagai latar belakang menjadi salah satu solusi dini untuk membuktikan penyandang disabilitas dapat hidup berdampingan di masyarakat, tanpa membuat mereka terasa tersisihkan sehingga terbiasa untuk berinteraksi dan menghargai satu sama lain dalam perbedaan. Dalam karakteristik berbeda tiap anak dituntut untuk dapat belajar bersama dalam satu lingkungan. Maka diperlukan lingkungan kondusif yang terfokus (undistracted) agar kinerja belajar siswa dapat maksimal dalam memahami pelajaran yang diajarkan. Lalu dalam sekolah inklusi, Integrasi ini memerlukan pendekatan lebih lanjut pada karakteristik siswa terutama interaksi antara siswa biasa dan siswa penyandang disabilitas. Pendekatan integrasi karakteristik siswa penyandang disabilitas dengan siswa lainnya dan lingkungan yang fokus dapat diaplikasikan pada massa bangunan, zonasi, sirkulasi, bentuk ruang yang menyangkut pada aspek visual dan audio sehingga dapat menciptakan ruang yang fokus serta mengakomodasi interaksi para penggunanya yang berasal dari berbagai latar belakang. Dengan konsep visual dan audio yang memberikan kesan fokus maka siswa dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar. Selain itu dengan memperhatikan karakter latar belakang siswa yang beragam terutama untuk penyandang disabilitas, maka rancangan sekolah dapat memiliki sifat inklusif sehingga siswa merasa diterima di lingkungannya, terutama penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sekolah menengah atas inklusi, arsitektur berwawasan perilaku, tata ruang dalam, tata ruang luar
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:44
Last Modified: 03 Sep 2019 04:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item View Item