TANGGAPAN AUDIENS YOGYAKARTA TERHADAP PESAN DALAM TAYANGAN MBELSHOW DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Tanggapan Subscribers dan Viewer Terhadap Pesan Pada Tayangan Mbeshow Episode 7 Di YouTube)

KUMARA, PRADIPTA (2019) TANGGAPAN AUDIENS YOGYAKARTA TERHADAP PESAN DALAM TAYANGAN MBELSHOW DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Tanggapan Subscribers dan Viewer Terhadap Pesan Pada Tayangan Mbeshow Episode 7 Di YouTube). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PRADIPTA KUMARA)
KOM04720.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanggapan merupakan bentuk efek yang timbul dari adanya rangsangan stimulus yang diterima. Penelitian ini akan mengkaji tentang tanggapan terhadap efek pesan pada subscribers dan viewers selaku audiens tayangan Mbelshow melalui channel YouTube Letto Band. Pengkajian yang dilakukan akan menggunakan pendekatan teori pembelajaran klasik stimulus respon, dalam membedah kemungkinan pengaruh efek pesan yang terjadi pada tataran hirarkis dalam benak subscribers dan viewers. Adapun tataran hirarkis tersebut ada pada pemahaman atau kognitif, sikap dan emosional atau afektif, dan pembentukan atau perubahan perilaku sebagai tataran perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan memposisikan tayangan Mbelshow episode tujuh yang berjudul “Rokok dan Konstelasinya Di Alam Semesta” sebagai objek penelitian dan subscribers maupun viewer sebagai subjek yang dikaji. Data primer yang dikumpulkan dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap tiga orang subscribers dan satu orang viewers serta mengkonfirmasi data temuan dengan tayangan Mbelshow episode tujuh. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini bahwa stimulus pesan hanya berpengaruh pada tataran kognitif dan afeksi subscribers serta viewer. Tayangan ini ditanggapi sebagai yang bersifat informatif dan menghibur. Informasi yang terkandung dalam muatan pesan yang didapat dari tayangan ini dimanfaatkan oleh subscribers dan viewer sebagai peneguhan; bukan sebagai perubahan pendapat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, efek pesan media, YouTube, stimulus
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:50
Last Modified: 05 Sep 2019 04:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item