ANALISIS KUALITAS RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BERDASARKAN ANGKA LEMPENG TOTAL DAN KEBERADAAN staphylococcus aureus

Veronika, Noviea (2019) ANALISIS KUALITAS RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BERDASARKAN ANGKA LEMPENG TOTAL DAN KEBERADAAN staphylococcus aureus. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
1508015700.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Infeksi nosokomial yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus merupakan masalah nosokomial yang prevalensinya meningkat setiap tahun. Staphylococcus aureus sering ditemui di sprei pada kasur atau tempat tidur, pakaian pasien, dan benda lain nya yang berada di sekitar lingkungan manusia. Methicilin-Resistant Staphylococcus aureus merupakan galur dari Staphylococcus aureus yang resisten terhadap beberapa kelas antibiotik, sehingga merupakan agen penting dari infeksi nosokomial yang sering dikaitan dengan peningatan mortalitas dan biaya kesehatan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas ruang IGD di suatu rumah sakit, berdasarkan angka lempeng total dan keberadaan Staphylococcus aureus pada dinding, lantai dan udara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode open plate untuk udara dan metode swab untuk dinding dan lantai. Perhitungan angka lempeng total menggunakan medium Plate Count Agar dan medium selektif Manitol Salt Agar yang digunakan untuk identifikasi Staphylococcus aureus. Uji identifikasi Staphylococcus aureus secara morfologi koloni dilakukan dengan pengecatan gram, dan secara fisiologis dilakukan dengan uji biokimia yang meliputi uji karbohidrat, uji nitrat, uji indol, dan uji katalase. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kualitas ruang IGD rumah sakit X berdasarkan angka lempeng total pada dinding dan lantai belum memenuhi standar baku mutu Menteri Kesehatan Reuplik Indonesia No. 1204/MENKES/SK/X/2004, namun pada parameter udara sudah memenuhi standar baku mutu yang ditentukan. Keberadaan Staphylococcus aureus pada udara dan lantai menunjukan hasil negatif, sedangkan pada dinding terutama pada bagian pintu menunjukan hasil positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:52
Last Modified: 13 Sep 2019 07:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item View Item