UPAYA PEMBERDAYAAN KELOMPOK DESA PRIMA “ANGGREK BULAN” DI DESA NGARGOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO

Christprakoso, Daniel Bimo (2019) UPAYA PEMBERDAYAAN KELOMPOK DESA PRIMA “ANGGREK BULAN” DI DESA NGARGOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Daniel Bimo Christprakoso)
SOS04667.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan dalam paradigma baru bersifat people-centred, participatory, empowering, dan sustainable menjadikan pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah kebutuhan dalam setiap upaya pembangunan. Kelompok Desa PRIMA “Anggrek Bulan” Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo menjadi salah satu wadah perempuan pelaku usaha dalam upaya pemberdayaan. Berdasarkan rumusan masalah, peneliti ingin mengetahui dan mengamati proses pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok Desa PRIMA ”Anggrek Bulan” berdasarkan pada konsep yang ditawarkan Tim Delivery mengenai proses pemberdayaan, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian lapangan, proses pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok Desa PRIMA”Anggrek Bulan” relevan dengan konsep dari Tim Delivery. Dalam prosesnya, mekanisme pemberdayaan Desa PRIMA “Anggrek Bulan” diawali dengan proses identifikasi dan kajian potensi wilayah yang dilakukan oleh DP3AP2, proses penyusunan rencana kegiatan yang dilakukan secara bersama oleh kelompok dan pendamping. Penerapan kegiatan yang dibagi menjadi program internal dan eksternal, serta monitoring dan evaluasi dari setiap elemen kelompok yang terkait. Hasi penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Desa PRIMA “Anggrek Bulan” relevan dengan konsep dari Tim Delivery.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan yang dilakukan oleh Desa PRIMA “Anggrek Bulan” relevan dengan konsep dari Tim Delivery.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:43
Last Modified: 16 Sep 2019 02:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item