PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI UNTUK PRODUK MEJA DI CV.RACAK FURNITURE

MARIYONO S, YOHANES (2019) PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI UNTUK PRODUK MEJA DI CV.RACAK FURNITURE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOHANES MARIYONO S)
TI08180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri furniture merupakan industri yang mencakup pengolahan bahan baku seperti kayu atau bahan baku lainnya yang akan diproses untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Perkembangan industri furniture di Yogyakarta mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun perkembagan industri furniture tidak selalu berjalan dengan perkembangan ketersediaan bahan baku sehingga perusahaan harus mampu memiliki pemasok yang handal sehinggal mampu memenuhi kriteria dari permintaan perusahan. CV. Racak Furniture merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang furniture . Produk yang menjadi unggulan perusahaan merupakan produk meja. CV.Racak Furniture telah mempunyai 8 supplier untuk memasok kayu jati yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Perusahaan memiliki kendala berkaitan dengan pemilihan supplier karena masing-masing supplier tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Perusahaan dalam melakukan proses pemilihan supplier masih menghubungi supplier satu per satu hingga menemukan supplier yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Oleh karena itu proses pengambilan keputusan mengenai pemilihan supplier menjadi lama dan tidak efisien. Penelitian ini menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART). SMART merupakan metode yang digunakan pengambilan keputusan multi kriteria yang didalamnya terdapat nilai-nilai untuk setiap kriteria atau atribut dan dilakukan pembobotan untuk mengetahui tingkat kepentingan antara atribut yang satu dengan lainnya. Atribut yang digunakan dalam SMART merupakan atribut yang kualitatif dan kuantitatif. Atribut yang digunakan dalam penelitian supplier yaitu atribut benefit dan cost. Atribut benefit terdiri dari sub atribut kualitas, ketersediaan ,sejarah performansi, pengiriman, pelayanan, tempo pembayaran. sedangkan atribut cost hanya dari sub atribut harga bahan baku. Hasil dari metode SMART menunjukkan dalam pemilihan supplier sebagai berikut terpilihnya supplier A (Bapak Peci) berdasarkan perbandingan atribut cost dan benefitnya. Sedangkan untuk analisis sensitivitasnya terdapat pilihan yaitu supplier A (Bapak Peci) masih tetap terpilih jika atribut cost kurang dari delapan juta tiga ratus ribu rupiah, namun jika atribut kenaikan cost hingga delapan juta lima ratus ribu rupiah maka sebaiknya memilih supplier C (Bapak Pulung).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan supplier, furniture, SMART.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:49
Last Modified: 17 Sep 2019 01:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19994

Actions (login required)

View Item View Item