LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 RUSUNAWA DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

HARTANTO, ADRIAN (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 RUSUNAWA DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADRIAN HARTANTO)
TA15830.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota memiliki pertumbuhan pembangunan yang pesat di Indonesia. Dampak dari pertumbuhan pembangunan yang pesat menyebabkan arus urbanisasi meningkat yang menyebabkan naiknya jumlah penduduk. Dampak dari kenaikan jumlah penduduk adalah meningkatnya penggunaan lahan karena bertambahnya kebutuhan ruang, terutama untuk hunian. Luas wilayah kumuh di Kota Yogyakarta seluas 412,62 Ha, menjadi yang tertinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengatasi wilayah kumuh, pemerintah menyadari pentingnya pembangunan perumahan. Oleh karena keterbatasan lahan, pembangunan perumahan secara vertikal seperti rumah susun dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Rumah susun yang akan dirancang menyasar kepada keluarga dari golongan menengah ke bawah, maka rumah susun yang dibangun adalah rumah susun sederhana sewa. Diketahui bahwa Kota Yogyakarta masih membutuhkan sebanyak 6.444,95 unit hunian bagi keluarga kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rusunawa di Kota Yogyakarta layak dibangun karena masih membutuhkan unit hunian untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Pembangunan rusunawa dapat menimbulkan permasalahan baru seperti pemanasan global, turunnya ruang terbuka hijau, kurangnya penghawaan serta pencahayaan. Untuk menghasilkan desain yang memperhatikan aspek alam, digunakan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Konsep arsitektur berkelanjutan sangat cocok diterapkan pada rusunawa karena pembangunan rusunawa yang dirancang harus dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan yang akan datang. Wujud rancangan Rusunawa di Kota Yogyakarta yang selaras dengan alam melalui pengelolaan tata ruang luar dan dalam dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Perancangan rusunawa di Kota Yogyakarta dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan hunian di Kota Yogyakarta. Perancangan juga diharapkan dapat menciptakan rusunawa yang selaras dengan alam. Rusunawa yang memperhatikan dampak yang terjadi bagi alam sekitar melalui pengelolaan tata ruang luar dan dalam yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rumah Susun Sederhana Sewa, Rusunawa, Kota Yogyakarta, Arsitektur, Berkelanjutan, Selaras Alam
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:45
Last Modified: 23 Sep 2019 03:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item