ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7,5, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

IDIE, CHRISTINE (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7,5, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTINE IDIE)
TS16107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan Palagan Tentara Pelajar km 7,5 adalah salah satu jalan yang mengalami kepadatan yang sangat tinggi, dikarenakan ruas Jalan Palagan Tentara Pelajar merupakan ruas jalan yang hari-harinya dilewati oleh kendaraan roda 2, roda 4 maupun kendaraan berat, di tambah lagi sepanjang kiri dan kanan jalan terdapat beberapa supermarket, cafe, hotel, dan toko-toko. Dengan semua alasan itu membuat aktifitas di jalan ini begitu padat pada jam-jam sibuk. Selain itu adanya kendaraan yang berhenti dan parkir di bahu jalan atau badan jalan karena minimnya tempat parkir, dan pejalan kaki yang memakai bahu jalan atau badan jalan karena tidak ada sehingga menambah kemacetan di jalan tersebut. Penelitian pada ruas Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7,5 dilakukan pada hari Senin 18 Maret 2019, Jumat 22 Maret 2019, dan Sabtu 23 Maret 2019 dengan cara pengambilan 2 data yaitu data primer berupa geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping, serta data sekunder berupa peta lokasi penelitian dan jumlah penduduk. Analisis data berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006. Berdasarkan analisis yang di lalukan volume lalu lintas tertinggi di dapat Q sebesar 1635 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 792,40. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 33,62 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan (V) sebesar 24 km/jam, waktu tempuh 7,5 detik, kapasitas (C) sebesar 2068,9 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,79, dan termasuk dalam tingkat pelayanan D. Solusi terbaik untuk ruas Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7,5 adalah pelebaran jalan dengan Q sebesar 1635 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 792,40. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 36,08 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan (V) sebesar 29 km/jam, waktu tempuh 6,2 detik, kapasitas (C) sebesar 2378 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,68, dan termasuk dalam tingkat pelayanan C.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, kapasitas, kecepatan, derajat kejenuhan, hambatan samping,
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:13
Last Modified: 25 Sep 2019 04:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item