PENGARUH AUDIT TENURE, KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT DAN AFILIASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2017

Hartanto, Mathias Reinaldo (2019) PENGARUH AUDIT TENURE, KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT DAN AFILIASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Mathias Reinaldo Hartanto)
EA21366.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini kualitas audit laporan keuangan semakin diragukan akibat munculnya beberapa skandal yang terjadi di Indonesia. Kualitas audit dianggap penting bagi pengguna laporan keuangan, karena dengan semakin tingginya kualitas audit maka akan dihasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya dan dapat dipergunakan oleh para pihak yang berkepentingan di dalam dan di luar perusahaan untuk mengambil keputusan. Banyak faktor yang mempengaruh kualitas audit laporan keuangan, antara lain audit tenure, karakteristik komite audit dan afiliasi Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh audit tenure, karakteristik komite audit dan afiliasi Kantor Akuntan Publik terhadap kualitas audit. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2017. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit tenure berpengaruh negatif terhadap kualitas audit, karakteritik komite audit berpengaruh positif terhadap kualitas audit dan afiliasi Kantor Akuntan Publik tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas audit, Audit tenure, Karakteristik komite audit, Afiliasi Kantor Akuntan Publik
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:42
Last Modified: 03 Oct 2019 03:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item