EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TEKNOLOGI TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA YOGYAKARTA

Widyatmoko, Restu (2019) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TEKNOLOGI TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Restu Widyatmoko)
TS15175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan kota pelajar yang semakin lama semakin padat penduduknya. Banyak pendatang dari berbagai daerah yang datang melanjutkan studinya di kota ini. Dari kepadatan penduduk di kota Yogyakarta, diperlukannya moda transportasi baru yang bisa mengurangi kemacetan yang bersifat aman, nyaman, cepat, murah dan praktis. Sekarang moda transportasi berbasin online menjadi salah satu pilihan masyarakat, karena layanan aplikasi tersebut yang mudah di akses melalui handphone masing-masing. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 responden yaitu 50 kepada penumpang dan 50 kepada pengemudi atau mitra Grab untuk layanan GrabBike khususnya. Dalam proses menganalis dibantu dengan program SPSS dan excel. Metode analisis yang digunakan adalah Important Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis dapat diketahui, masyarakat kota Yogyakarta belum sepenuhnya puas dengan layanan aplikasi Grab tersebut. Hal ini dapat dilihat dari nilai GAP rata-rata -0.595 pada kuesioner pengguna, sedangkan nilai GAP rata-rata sebesar 0.488 pada kuesioner pengemudi yang berarti kualitas yang diharapkan penumpang sama/sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan namun perusahaan masih perlu memberikan peningkatan untuk kinerjanya. Untuk itu pihak Grab perlu memperbaiki dan meningkatkan faktor atau bagian yang perlu mendapat perhatian lebih seperti driver tertib berlalu lintas dan tindak melanggar rambu, marka dan apil (alat pemberi isyarat lalu lintas), aplikasi tidak mudah eror, GrabBike selalu mengecek keberadan konsumen terlebih dahulu dan memberikan informasi mengenai waktu tunggu konsumen dengan jelas. driver menerapkan system 3S (senyum, sapa salam), ketepatan waktu driver saat penjemputan dan pengantaran, driver tidak melemparkan orderan atau membatalkan orderan, identitas driver yang akan mengantar jelas (nama, no.telp, no.plat, foto diri), driver selalu mengutamakan keselamatan penumpang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, kualitas pelayanan, pengguna, pengemudi, aplikasi Grab
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 04 Oct 2019 05:08
Last Modified: 04 Oct 2019 05:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item