PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI AKTIVITAS RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017)

Prabowo, Bonaventura Adi (2019) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI AKTIVITAS RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Bonaventura Adi Prabowo)
EA20934.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemilikan manajerial dan leverage terhadap manajemen laba melalui aktivitas riil (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan data sekunder dari laporan porspektus yang terdapat di BEI dan wesite resmi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan sampel untuk penelitian ini berjumlah 45 Perusahaan Manufaktur. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial dan leverage, variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba melalui aktivitas riil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba melalui aktivitas riil dan leverage berpengaruh positif terhadap manajemen laba melalui aktivitas riil pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan manajerial, leverage, dan manajemen laba melalui aktivitas riil.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:48
Last Modified: 07 Oct 2019 03:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20239

Actions (login required)

View Item View Item