ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TAPIOKA MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PERUSAHAAN KARYA SUBUR SENTOSA DI TASIKMALAYA

WICAKSONO, YOHANES SIGIT (2019) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TAPIOKA MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PERUSAHAAN KARYA SUBUR SENTOSA DI TASIKMALAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOHANES SIGIT WICAKSONO)
EA20755.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan manufaktur adalah masalah produksi. Salah satu cara penekanan biaya produksi adalah dengan menekan persediaan bahan baku seminimal mungkin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui total biaya persediaan dengan menggunakan metode economic order quantity pada Perusahaan Karya Subur Sentosa dan membandingkan lebih baik yang mana antara metode economic order quantity dengan metode yang diterapkan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara langsung, (2) dokumentasi, (3) observasi langsung. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Menghitung Economic Order Quantity, (2) Menghitung safety stock, (3) Menghitung Titik pemesanan kembali (reorder point), (4) Menghitung persediaan maksimal (maximum inventory), (5) Menghitung total biaya persediaan Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode EOQ, perusahaan dapat menghemat biaya total persediaan serta metode EOQ ini lebih efisien dibandingkan metode perusahaan yang selama ini dilaksanakan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Bahan Baku, Metode Economic Order Quatity (EOQ)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:26
Last Modified: 08 Oct 2019 03:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20253

Actions (login required)

View Item View Item