PENGARUH AFILIASI KANTOR AKUNTA PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Putra, I Wayan Kusuma (2019) PENGARUH AFILIASI KANTOR AKUNTA PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (I Wayan Kusuma Putra)
EA19779.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen laba yang terjadi dapat merugikan perusahaan karena manajer melaporkan laba yang tidak dalam kondisi yang sebenarnya. Jika investor menanamkan modalnya terhadap perusahaan yang melakukan manajemen laba, kemungkinan besar investor akan mengalami kerugian. Hal ini karena investor tidak memperoleh informasi laba dengan benar. Ada beberapa faktor pendorong manajer dalam melakukan manajemen laba, diantaranya adalah afiliasi Kantor Akuntan Publik, leverage, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh afiliasi KAP, ukuran perusahaan, leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014 – 2016. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiliasi Kantor Akuntan Publik tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba dan leverage berpengaruh positif terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Afiliasi Kantor Akuntan Publik, Ukuran perusahaan, Leverage, Manajemen laba
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:15
Last Modified: 09 Oct 2019 06:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item View Item