REPRESENTASI PEREMPUAN JEPANG DALAM IKLAN VIDEO (Deskriptif Kualitatif Iklan Video Pocari Sweat versi Asian Games 2018)

Widyoko, Monang (2019) REPRESENTASI PEREMPUAN JEPANG DALAM IKLAN VIDEO (Deskriptif Kualitatif Iklan Video Pocari Sweat versi Asian Games 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Monang Widyoko)
KOM05450.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Iklan merupakan komunikasi massa yang digunakan untuk mengingatkan, membujuk, dan memberi inforrnasi untuk khalayak. iklan juga bisa digunakan untuk membangun citra yang baik dari produwmerek dan sisi lain memicu tingkat pembelian konsumen yang tinggi. Iklan hams dapat diterima oleh masyarakat, agar mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu mereWproduk. Oleh karena itu iklan hams dibuat seefektif mungkin, kreatif, menarik sehingga bisa menimbulkan pengaruh positif, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana representasi perempuan Jepang dalam iklan video Pocari Sweat versi Asian Games melalui metode serniotika Roland Barthes. Ini digambarkan melalui bahasa, tanda-tanda, atau simbol-simbol yang terdapat da1a.n iklan video. ~eresentasiy aitu cara untuk memaknai sesuatu terkait bahasa, tanda-tanda, dan simbol-simbol berdasarkan pemikiran kita. Semiotika Roland Barthes memiliki dua level pemaknaan, yaitu denotasi dan konotasi yang dapat digunakan untuk menemukan makna yang mendalam terkait perempuan Jepang. Melalui temuan data dan analisis dalam penelitian ini, diperoleh representasi perempuan Jepang digambarkan sebagai perempuan yang produktif. Perempuan produktif ini diperankan oleh Yuki Sasou yang merupakan artis asal Jepang. Yuki Sasou dalam iklan ini sendiri memiliki sifat perempuan tangguh, berani dan gesit. Kemudian perempuan Jepang yang direpresentasikan dalam iklan ialah seorang perempuan yang tidak kenal lelah dan merniliki semangat juang yang tinggi. Selanjutnya dalam iklan Pocari Sweat ini juga perempuan Jepang digambarkan sebagai perempuan yang memotivasi orang-orang di sekitarnya dengan aura positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Representasi, Perempuan Jepang, Semiotika, Roland Bart
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 01:47
Last Modified: 10 Oct 2019 01:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item