PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @NURHADI_ALDO TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK GENERASI Z PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Studi Eksplanatif Kuantitatif pada Followers Akun Instagram @nurhadi_aldo)

DAHANA, YB. RADHAR TEJA (2019) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @NURHADI_ALDO TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK GENERASI Z PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Studi Eksplanatif Kuantitatif pada Followers Akun Instagram @nurhadi_aldo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YB. RADHAR TEJA DAHANA)
KOM05667.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

yang paling tidak peduli dengan persoalan politik. Padahal, generasi muda mempunyai andil yang cukup besar dalam kemajuan demokrasi berpartisipasi dalam politik. Hal ini ditunjukkan bahwa generasi muda mempunyai proporsi sekitar 34,2% dari total 152 juta pemilih. Tidak terkecuali dengan generasi Z yang termasuk dalam kategori generasi muda. Menjelang Pilpres 2019, di penghujung tahun 2018 hadir sosok pasangan capres dan cawapres fiktif Nurhadi – Aldo yang bertujuan untuk mengedukasi generasi milennial dan generasi Z dalam merayakan pesta demokrasi Indonesia dan hadirnya fenomena ini juga dinilai untuk meredam gejolak politik yang saat menjelang Pilpres 2019 memanas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengakses akun Instagram @nurhadi_aldo terhadap tingkat partisipasi politik generasi Z yang terdaftar sebagai DPT pada Pilpres 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini adalah followers generasi Z akun Instagram @nurhadi_aldo yang berjumlah 100 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah pertanyaan sebanyak 21 pertanyaan, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Intensitas mengakses akun Instagram @nurhadi_aldo tergolong tinggi, tingkat partisipasi politik pada Pilpres 2019 tergolong rendah; (2) Intensitas mengakses akun Instagram @nurhadi_aldo memiliki hubungan yang tinggi dengan tergolong tinggi, tingkat partisipasi politik pada Pilpres 2019; (3) Intensitas mengakses akun Instagram @nurhadi_aldo memengaruhi dengan kuat dan signifikan terhadap tingkat partisipasi politik pada Pilpres 2019. Semakin tinggi intensitas mengakses akun Instagram @nurhadi_aldo maka tingkat partisipasi politik generasi Z yang terdaftar sebagai DPT pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas mengakses, partisipasi politik, Pilpres 2019
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:12
Last Modified: 10 Oct 2019 03:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20283

Actions (login required)

View Item View Item