PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI LINE WEBTOON TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Daya Tarik Iklan Es Krim Wall’s Cornetto Black and White Terhadap Sikap Konsumen oleh Pembaca LINE Webtoon Gombalan Goceng)

Tamara, Florentina Astrid (2019) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI LINE WEBTOON TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Daya Tarik Iklan Es Krim Wall’s Cornetto Black and White Terhadap Sikap Konsumen oleh Pembaca LINE Webtoon Gombalan Goceng). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Florentina Astrid Tamara)
KOM05265.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan makin banyaknya pengguna internet di dunia membuka peluang baru bagi para pengiklan untuk mengiklankan produknya dengan cara-cara yang baru. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. Guna mengiklankan produk es krim Wall’s Cornetto Black and White, PT Unilever Indonesia Tbk. menggunakan LINE Webtoon sebagai media untuk beriklan. Selain penentuan media beriklan, untuk menarik perhatian dari khalayak, pengiklan perlu untuk mempertimbangkan faktor daya tarik yang digunakan dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan di LINE Webtoon terhadap sikap konsumen es krim Wall’s Black and White oleh pembaca LINE Webtoon Gombalan Goceng. Dalam penelitian ini, daya tarik iklan dilihat dari dua bentuk yaitu daya tarik iklan rasional dan daya tarik iklan emosional. Sedangkan sikap konsumen dalam penelitian ini dilihat dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini dilakukan kepada 99 orang anggota LINE Square Webtoon yang menjadi sampel penelitian dengan metode quota sampling. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil bahwa daya tarik iklan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan presentase sebesar 29,8% terhadap sikap konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa LINE Webtoon sebagai media beriklan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap sikap konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya tarik iklan, sikap konsumen, daya tarik iklan terhadap sikap, sikap terhadap merek
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 05:54
Last Modified: 10 Oct 2019 05:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item