PERBANDINGAN PILIHAN MEDIA KOMUNIKASI BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN USIA DALAM DOWNWARD COMMUNICATION (Kasus Komunikasi Atasan-Bawahan pada Karyawan di Kantor PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta)

NATHANIA, HANA ALVITA (2019) PERBANDINGAN PILIHAN MEDIA KOMUNIKASI BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN USIA DALAM DOWNWARD COMMUNICATION (Kasus Komunikasi Atasan-Bawahan pada Karyawan di Kantor PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HANA ALVITA NATHANIA)
KOM05314.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan pilihan media komunikasi berdasarkan jenis kelamin dan usia dalam 16 macam situasi dalam downward communication pada karyawan di PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta. Media komunikasi yang dikaji dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu media lama dan media baru. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta bagian perencanaan teknik, produksi, distribusi, umum, keuangan, hubungan langganan, serta seksi-seksi yang berada di bawahnya. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 orang dengan menggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini berupa proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survai. Dalam melihat perbedaan pilihan media komunikasi dalam penelitian ini, pengukuran data yang digunakan adalah skala nominal dengan teknik analisis data berupa tabulasi silang atau crosstab. Berdasarkan hasil tabulasi silang dari situasi downward communication dengan jenis kelamin, terlihat bahwa presentase karyawan laki-laki dan perempuan memilih menggunakan media lama lebih tinggi dibandingkan media baru. Begitu pula hasil tabulasi silang dari situasi downward communication dengan usia, terlihat bahwa presentase karyawan berusia berusia 34-54 tahun dan 19-33 tahun lebih tinggi memilih media lama dibandingkan media baru. Hal ini menunjukkan bahwa baik dari segi jenis kelamin dan usia, pilihan responden cenderung pada media lama. Situasi dalam downward communication yang terdiri dari 16 macam situasi dikategorikan menjadi 3 macam kegiatan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan downward communication yang berkaitan dengan informasi bagaimana melakukan pekerjaan, seluruh karyawan baik dari segi jenis kelamin dan usia memilih menggunakan kombinasi media lama dan media baru. Namun pada kegiatan yang berkaitan dengan informasi mengenai kebijakan dan praktik organisasi serta kegiatan yang berkaitan dengan informasi mengenai kinerja pegawai, seluruh karyawan baik dari segi jenis kelamin dan usia memilih menggunakan media lama. Melalui penelitian ini, diharapkan PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta mampu menggunakan media komunikasi yang tepat dalam melakukan downward communication agar kegiatan downward communication dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Downward communication, media lama, media baru
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:20
Last Modified: 16 Oct 2019 04:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item