PENGARUH OPINI PUBLIK TERKAIT ANNUAL MEETING IMF DAN WORLD BANK 2018 TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN TWITTER SENTIMENT ANALYSIS

HIDAYAT, EUNIKE NATANIA (2019) PENGARUH OPINI PUBLIK TERKAIT ANNUAL MEETING IMF DAN WORLD BANK 2018 TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN TWITTER SENTIMENT ANALYSIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EUNIKE NATANIA HIDAYAT)
EM21843.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh opini public yang terkandung dalam media social Twitter terkait dengan Annual Meeting IMF dan World Bank yang dilakukan pada tanggal 12-14 Oktober 2018 di Bali terhadap harga saham. Penelitian dilakukan dengan mengambil 1000 sample data tweets selama bulan Oktober 2018 kemudian dengan menggunakan metode analisis sentimen, polaritas opini diklasifikasikan berdasarkan opini positif, negatif, dan netral. Indeks LQ 45 dilipih untuk dapat mengukur perubahan harga saham karena dinilai sesuai dengan kriteria dan mampu menggambarkan perubahan harga saham yang terjadi selama periode berlangsungnya event tersebut. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson dan uji kausalitas Granger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik, sentimen tidak memiliki hubungan korelasi dengan perubahan harga saham. Demikian juga hasil uji kausalitas Granger menunjukkan bahwa sentiment tidak memiliki hubungan kausalitas dengan perubahan harga saham.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sentiment Analysis, Twitter, IMF, World Bank, Opini Publik
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:09
Last Modified: 18 Oct 2019 02:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item