EYE TRACKING ANALISIS TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DALAM KETERTARIKAN MENGAMATI ADVERTISEMENT (IKLAN VISUAL) DENGAN TAMPILAN MODEL DAN ADVERTISEMENT TANPA MODEL

Alexander, Rully (2019) EYE TRACKING ANALISIS TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DALAM KETERTARIKAN MENGAMATI ADVERTISEMENT (IKLAN VISUAL) DENGAN TAMPILAN MODEL DAN ADVERTISEMENT TANPA MODEL. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTF026670.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTF026671.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
MTF026672.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
MTF026673.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
MTF026674.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
MTF026675.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTF026676.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan teknologi saat ini proses interkasi manusia dan komputer (HCI) sudah menjadi bagian keseharian dalam kehidupan sehari-hari. Aktifitas manusia dalam mengakses informasi menjadi lebih terbantu saat ini dengan adanya internet yang merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi. Dengan semakin seringnya proses interaksi manusia dan komputer terutama dalam mengakses internet saat ini banyak pelaku bisnis yang melihat peluang dalam mempromosikan baik produk, merek, perusahaan, atau toko yang mereka jalankan dengan iklan yang di internet. Iklan (Advertisement) melalui media internet atau situs website sudah sangat beragam dan unik baik dari aspek desain, warna, tulisan, gambar dan jenis penyampainnya. Salah satu cara dalam merancang iklan yang menarik biasanya produsen menambahkan model sebagai sale promotion mereka di dalam iklan mereka. Dengan menambahkan model para produsen berharap lebih menarik minat pelanggan terhadap produk, merek, perusahan, atau toko milik mereka. Namun, tidak semua iklan yang menggunakan model sebagai sale promotion dalam iklan. Dengan mengamati perilaku manusia maka kita akan mengetahui bagaimana perbedaan ketertarikan manusia terhadap pengaruh iklan yang menggunakan model dan yang tidak menggunakan model. Dalam proses mengamati sesuatu hal manusia akan menggunakan mata sebagai indra pengelihatannya. Dengan mata pengguna yang mengamati iklan dan juga yang merupakan aspek dalam psikologi maka dapat memberikan informasi atau keterangan mengenai perilaku terutama ketertarikan manusia terhadap apa yang dilihat. Penelitian ini akan menggunakan metode pelacakan mata (Eye Tracking) serta alat pelacakan mata (Eye Tracker) dalam menghubungkan aktifitas mata seseorang terhadap ketertarikan dalam mengamati iklan. Berdasarkan hasil analisis data dan informasi yang diperoleh maka nanti akan diperoleh kesimpulan bagaimana ketertarikan seseorang terhadap iklan dengan model dan iklan tanpa model.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Human-Computer Interaction, Iklan Online, Eye Tracking
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:52
Last Modified: 18 Oct 2019 02:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item View Item