PRAKTIK PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DI KAMPOENG GERABAH PAGERJURANG

Susila Putri, Aicintya Christy (2019) PRAKTIK PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DI KAMPOENG GERABAH PAGERJURANG. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EA219120.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA219121.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA219122.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA219123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
EA219124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA219125.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kampoeng Gerabah Pagerjurang yang berada di Dusun Sayangan dan Dusun Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 138 usaha gerabah telah bersedia berpartisipasi dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi biaya produksi dan praktik penetapan harga pokok produksi berdasarkan teori akuntansi biaya. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan kuesionerdengan studipendahuluan berupa wawancara kepada beberapa pelaku usaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 komponen penentuan harga pokok produksi, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik penentuan harga pokok produksi yang dilakukan oleh usaha gerabah di Kampoeng Gerabah Pagerjurang belum sesuai dengan teori akuntansi biaya. Terkait dengan pembebanan biaya produksi, praktik yang dilakukan oleh usaha-usaha tersebut belum sesuai dengan teori akuntansi. Terdapat banyak usaha yang tidak membebankan biaya bahan penolong dan biaya tenaga kerja tidak langsung sebagai biaya overhead pabrik. Terkait dengan pembebanan biaya depresiasi gedung dan alat, seluruh usaha tidak menghitung dan membebankan biaya tersebut ke produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Biaya Produksi, Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:22
Last Modified: 14 Jan 2020 03:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item