Pengukuran Corporate Reputation BukaLapak Dengan Menggunakan Sentiment Analysis

Prasetyo, Bayu Ajie (2019) Pengukuran Corporate Reputation BukaLapak Dengan Menggunakan Sentiment Analysis. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF081770.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF081771.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF081772.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF081773.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
TF081774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TF081775.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF081776.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

BukaLapak merupakan salah satu Corporate Unicorn yang cukup besar di Indonesia. BukaLapak terkenal dari beberapa event serbuseru yang sangat diminati oleh pengguna sosial media. Setiap kali bukalapak melakukan event akan ada pro kontra, dari contoh kasus ini CEO bukalapak melakukan cuitan di twitter salah satu media sosial terbesar, dan menarik banyak perhatian netizen dampak dari cuitan tersebut reputasi yang di lihat dari corporate bukalapak itu sendiri, apakah akan menjadi turun atau naik dampak dari cuitan ceo bukalapak di twitter tersebut berdasarkan Corporate Reputation. Seseorang dapat menilai cuitan tersebut dari opini-opini yang sudah di bangun oleh masyarakat di twitter, ada yang negatif,positif, ataupun netral. Pada penelitian ini Sentiment Analysis digunakan untuk pokok dalam penilaian/pendefinisian suatu pendapat nilai dalam masalah atau objek opini-opini dari cuitan CEO BukaLapak tersebut, apakah akan cenderung nilai tersebut positif, negatif, atau netral. Sentiment Analysis pada penelitian ini akan menggunakan metode yang bernama metode Sentistrenght yang dimana metode tersebut dapat memberikan nilai perkata untuk membuat kesimpulan apakah opini tersebut positif, negatif, atau netral. Data yang akan diambil dari jarak antara tanggal 14 Februari 2019 sampai tanggal 30 Juni 2019. Hasil penelitian ini adalah grafik tingkat pengaruh dari faktor pendekatan yang variable dimensinya diambil dari teori pendekatan Corporate Reputation dengan cara melakukan asosiasi hasil sentimen dengan Sentistrenght pada tweet yang digabungkan oleh variable dimensi Corporate Reputation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Twitter, Sentistrenght, Sentiment Analysisi, Corporate Reputation, NaiveBayes Clasiffier.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:07
Last Modified: 16 Jan 2020 04:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item