SOSIALISASI NILAI-NILAI BUDAYA ORGANISASI DI WAROENG SPESIAL SAMBAL

Trisani, I Gusti Ayu Mitha (2019) SOSIALISASI NILAI-NILAI BUDAYA ORGANISASI DI WAROENG SPESIAL SAMBAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05424.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan falsafah, ideologi, nilai-nilai, anggapan, keyakinan, harapan, sikap dan norma-norma yang dimiliki secara bersama serta mengikat dalam suatu organisasi. Penelitian ini fokus pada sosialisasi nilai-nilai budaya organisasi dikarenakan pada teorinya nilai adalah hal yang paling mendasar di dalam budaya organisasi. Tanpa pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai yang dimiliki oleh organisasi, maka aktivitas anggota organisasinya akan tidak sinkron dengan apa yang menjadi tujuan dari organisasi. Sosialisasi dapat digunakan untuk dapat membantu karyawan dalam memahami budaya di organisasi dan menimalisir culture shock melalui komunikasi. Sosialisasi tidak hanya diberikan kepada pendatang baru namun juga untuk karyawan senior agar dapat menjaga keberlangsungan nilai-nilai organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyampaian nilai-nilai budaya organisasi melalui komunikasi dalam sosialisasi nilai-nilai budaya organisasi di Waroeng Spesial Sambal. Penelitian ini akan melihat bagaimana sosialisasi nilainilai budaya organisasi di Waroeng Spesial Sambal yakni berdasarkan prosesnya dan cara pengkomunikasiannya sesuai dengan teori komunikasi organisasi dan budaya organisasi yang digunakan di dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada tim SDM, satu pihak karyawan baru dan satu pihak karyawan lama di Waroeng Spesial Sambal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sosialisasi di Waroeng Spesial Sambal meliputi tiga tahapan pada prosesnya yakni tahap pra kedatangan, perjumpaan dan metarmofosis. Tahap pra kedatangan ketika karyawan belum resmi bergabung di dalam organisasi, perjumpaan ketika karyawan sudah resmi bergabung di dalam organisasi dan tahap metarmofosis ketika karyawan sudah dapat memahami nilainilai budaya organisasi. Komunikasi yang digunakan dalam mengkomunikasikan nilai-nilai budaya organisasi pada tahapannya yakni komunikasi lisan. Melalui komunikasi lisan pemateri mendapatkan feedback secara langsung dari audience berupa saran dan pertanyaan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. Kata Kunci: sosialisasi nilai budaya organisasi, nilai budaya organisasi, teori budaya organisasi, teori komunikasi organisasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi nilai budaya organisasi, nilai budaya organisasi, teori budaya organisasi, teori komunikasi organisasi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:55
Last Modified: 22 Jan 2020 06:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21080

Actions (login required)

View Item View Item