PENYESALAN PASCA PEMBELIAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI

Putri, Olika Cindy Pamela (2019) PENYESALAN PASCA PEMBELIAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM22073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menguji pengaruh sifat-sifat konsumen (kecenderungan pembelian impulsif, kecenderungan kenikmatan berbelanja, materialisme) dan faktor-faktor situasional (situasi individu, lingkungan toko, kegiatan motivasi oleh penjual, atribut produk) terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini juga menguji apakah pembelian impulsif secara signifikan mengarah ke pembelian kompulsif, dan menguji pengaruh pembelian kompulsif terhadap penyesalan pasca pembelian. Peneliti menggunakan toko fashion bermerek internasional (H&M, Uniqlo, Cotton On, Zara, Pull and Bear, Stradivarius, dan Bershka) sebagai obyek penelitian. Jumlah sampel yang dapat diolah dalam penelitian ini adalah sebanyak 442 responden yang memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling (purposive sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert 5 poin. Kuesioner didistribusikan secara online menggunakan platform Google Form dengan cara menyebarkan link kuesioner kepada responden melalui Instagram, Line, dan WhatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan software digunakan adalah smartPLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan pembelian impulsif, kecenderungan kenikmatan berbelanja, materialisme, situasi individu, kegiatan motivasi oleh penjual, dan atribut produk secara signifikan memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian impulsif. Lingkungan toko tidak memengaruhi konsumen melakukan pembelian impulsif. Pembelian impulsif juga secara positif mengarah ke pembelian kompulsif. Pembelian kompulsif berpengaruh positif terhadap penyesalan pasca pembelian. Kata Kunci: kecenderungan pembelian impulsif, kecenderungan kenikmatan berbelanja, materialisme, situasi individu, lingkungan toko,kegiatan motivasi oleh penjual, atribut produk, pembelian impulsif,pembelian kompulsif, penyesalan pasca pembelian, SEM-PLS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecenderungan pembelian impulsif, kecenderungan kenikmatan berbelanja, materialisme, situasi individu, lingkungan toko,kegiatan motivasi oleh penjual, atribut produk, pembelian impulsif,pembelian kompulsif, penyesalan pasca pembelian, SEM-PLS.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:30
Last Modified: 27 Jan 2020 02:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item