PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA LIPUTAN INVESTIGASI MAJALAH TEMPO (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik Pada Laporan Investigasi Tamasya Napi Sukamiskin Majalah Tempo Edisi 6-12 Februari 2017)

PARHUSIP, RISKI MARIO JOHANNES (2019) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA LIPUTAN INVESTIGASI MAJALAH TEMPO (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik Pada Laporan Investigasi Tamasya Napi Sukamiskin Majalah Tempo Edisi 6-12 Februari 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05270.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lemahnya kebijakan di Lapas Sukamiskin lantas tak membuat para koruptor kehilangan kebebasannya. Lapas yang pada 2012 silam ditetapkan sebagai penjara khusus koruptor tersebut terasa aneh karena tahanannya dapat dengan bebas keluar-masuk. Sejalan dengan itu, pada tahun 2016 Tempo melakukan investigasi yang akhirnya dimuat menjadi laporan investigasi berjudul Tamasya Napi Sukamiskin pada majalah Tempo edisi 7-12 Februari 2017. Berkaitan dengan peliputan investigasi, tentu saja wartawan memiliki proses dan aturan dalam menjalankan tugasnya. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian yaitu proses jurnalisme investigasi dan kode etik jurnalistik. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik analisis data yang menggunakan model Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan kode etik jurnalistik di Tempo dalam menggunakan cara-cara profesionalisme yang dilakukan pada laporan investigasi Tamasya Napi Sukamiskin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tempo berupaya menjalankan cara-cara profesional yang diampuh oleh wartawan pada liputan investigasi dengan mengadaptasi nilai-nilai ideal yang ditentuan pada kode etik jurnalistik. Dengan cara tersebut Tempo kemudian memudahkan pekerjaan wartawan investigasi untuk memperoleh informasi dan memberitakannya kepada publik. Kata Kunci: Kode Etik Jurnalistik, Tempo, Investigasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Jurnalistik, Tempo, Investigasi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:28
Last Modified: 29 Jan 2020 01:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21224

Actions (login required)

View Item View Item