DAMPAK PERNYATAAN KEPALA PUSAT DATA INFORMASI DAN HUMAS BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA (BNPB) DI CNN.COM PADA SIKAP MASYARAKAT ADAT DAYAK KALIMANTAN BARAT

ARMANDA, FRANS ELGI IGO (2019) DAMPAK PERNYATAAN KEPALA PUSAT DATA INFORMASI DAN HUMAS BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA (BNPB) DI CNN.COM PADA SIKAP MASYARAKAT ADAT DAYAK KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05536.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

dalam media online Cnn.com dengan judul Tradisi Gawai Serentak Malah Picu Kebakaran Hutan Di Kalbar terhadap sikap masyarakat Adat Dayak Kalimantan Barat yang muncul di media sosial Facebook. Dalam pernyataannya Sutopo memberikan informasi yang salah terkait pemicu kebakaran hutan di Kalimantan Barat dan menyebutkan bahwa tradisi Gawai adalah penyebab kebakaran tersebut. Hal ini sontak menimbulkan komentar di Facebook terhadap pernyataan tersebut di media sosial Facebook karena menurut masyarakat Adat Dayak Kalimantan Barat Gawai adalah upacara Adat pasca panen padi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar koding yang berisi pertanyaan dari unit analisis kepada dua orang coder yang membantu dalam penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dampak komunikasi massa dan teori sikap. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komentar Facebook dari akun Katherine Oendoen sebanyak 50 komentar dan 40 komentar dari Grup Island of Dayak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Adat tidak paham dengan topik dengan persentase 62% (31 komentar) dari akun dan 52,5% (21 komentar) dari grup. Meskipun tidak paham sikap kontra muncul sebesar 62% (31 komentar) dari akun dan 77,5% (31 komentar) dari grup. Sikap kognitif yang muncul berupa persepsi 96% (48 komentar) dari akun dan grup 95% (38 komentar). Sikap afektif berupa tidak senang 88% (44 komentar) dari akun dan grup 90% (36 komentar). Sikap konatif berupa opini untuk memperkuat opini sendiri atau satu sama lain sebesar 54% (27 komentar) dari akun dan grup 57,5% (23 komentar). Selain itu, sikap masyarakat Adat juga ditentukan oleh sosok yang dianggap penting atau opinion leader. Opinion leader dalam penelitian ini adalah Katherine Oendoen dan admin Grup Island of Dayak. Kata kunci: dampak pernyataan, sikap, media massa, media sosial,Facebook.com, opinion leader.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dampak pernyataan, sikap, media massa, media sosial,Facebook.com, opinion leader.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:15
Last Modified: 29 Jan 2020 02:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21233

Actions (login required)

View Item View Item