HEIDINIA, ALIFIA (2019) MANAJEMEN ISU YANG DILAKUKAN HUMAS PT ANGKASA PURA I (PERSERO) YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05650.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya isu yang berkembang terkait kesalahan informasi pada pemberitaan mengenai insiden yang dialami oleh maskapai Garuda Indonesia bulan November 2018. Kesalahan informasi tersebut disebabkan oleh spokesperson dari PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta yang memberikan informasi kepada media massa tidak sesuai dengan fakta sebenarmya. Dalam hal ini, adanya proses manajemen isu menjadi hal penting untuk dilakukan guna mengatasi isu yang sedang berkembang dan demi mencapai tujuan dari visi, misi serta yang paling utama adalah mempertahankan citra positif perusahaan dimata publik. Proses manajemen isu yang dilakukan oleh pihak manajemen turut melibatkan berbagai pihak atau unit yang ada dalam perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses manajemen isu yang dilakukan humas PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta dalam menghadapi isu terkait kesalahan informasi pada insiden maskapai Garuda Indonesia. Dalam mencapai tujuan penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, konsep isu, konsep manajemen isu yang meliputi proses manajemen isu, konsep humas dan konsep publik. Penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara yang dilakukan terhadap tiga narasumber, yaitu dua praktisi humas PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta dan communication and legal section head selaku kepala dari divisi humas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas sudah mampu menangani isu terkait kesalahan informasi pada pemberitaan dengan baik dan sigap, sehingga isu menjadi tidak berlanjut atau berkepanjangan. Tindakan atau solusi yang diberikan humas dalam menangani isu ini adalah dalam bentuk klarifikasi dan pengelolaan informasi. Melalui klarifikasi dan pengelolaan isu tersebut dapat dikatakan humas mampu menangani isu berdasarkan pada proses manajemen isu sesuai dengan konsep yang telah dipaparkan, yaitu identifikasi isu, analisis isu, pilihan strategi perubahan isu, pemrograman aksi isu dan evaluasi hasil. Kata Kunci : Isu, Kesalahan Informasi, Manajemen Isu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Isu, Kesalahan Informasi, Manajemen Isu |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 02:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 02:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21242 |
Actions (login required)
View Item |