PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN MODEL AKRUAL KHUSUS PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Andhika B., Stefanus (2019) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN MODEL AKRUAL KHUSUS PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21517.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap praktik manajemen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan manajemen laba yang diproksikan dengan discretionary accruals yang diukur dengan akrual khusus yang diajukan oleh Beaver dan Engel (1996) sebagai variabel dependen. Serta mekanisme corporate governance yang diukur melalui peran dewan komisaris independen dan kepemilikan manajerial sebagai variabel independen, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2016 dan website resmi perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 sampeL dari 16 perusahaan perbankan selama periode 2013-2016. bank Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Dimana mekanisme corporate governance mampu untuk menekan tindak manajemen laba yang dilakukan manajer dalam perusahaan perbankan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: corporate governance, discretionary accruals, teori keagenan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:46
Last Modified: 11 Feb 2020 02:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item