EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING PADA KONVEKSI RUMAH KREASI

Pangande, Elma Yuniar (2019) EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING PADA KONVEKSI RUMAH KREASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21716.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengevaluasi perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode job order costing pada konveksi Rumah Kreasi. Metode pembebanan biaya yang akan dihitung pada penelitian ini menggunakan normal costing di mana biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja dibebankan sesungguhnya, sedangkan biaya overhead pabrik dibebankan dengan tarif jam tenaga kerja langsung. Langkah – langkah analisis data yang digunakan adalah : 1) mengklasifikasikan elemen – elemen biaya yang termasuk komponen harga pokok produksi, 2) menentukan tarif biaya overhead pabrik dengan pendekatan tarif tunggal, 3) menghitung harga pokok produksi per unit, 4) membandingkan perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dan menurut akuntansi biaya. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penentuan harga pokok produksi yang dilakukan belum sesuai dengan metode akuntansi biaya. Hal ini menyebabkan adanya selisih biaya setiap jenis kaos yang diproduksi. Perbedaan harga pokok produksi per unit tahun 2018 untuk pesanan nomor 163 berkisar 25% - 26% pesanan nomor 172 berkisar 24% - 26% dan pesanan nomor 197 berkisar 24% - 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Job Order Costing, normal costing, Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, dan Biaya Overhead Pabrik
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:17
Last Modified: 12 Feb 2020 01:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item